Selamat Datang di Blog Kami Cara Membuat Permen Kapas, alias "Arum Manis" ~ ENTREPRENEUR.SGC_2014

Sabtu, 22 Maret 2014

Cara Membuat Permen Kapas, alias "Arum Manis"

Arum Manis
Arum manis atau permen kapas (cotton candy) Warnanya yg menarik, dan rasanya yg manis banyak digemari anak-anak hingga orang dewasa. Tak heran bila saat ini bisnis arum manis tidak hanya dijalankan pada saat ada pasar malam saja, namun sudah berkembang menjadi salah satu peluang usaha modern dgn munculnya berbagai penawaran bisnis waralaba arum manis.

Penganan ringan yg terbuat dari bahan dasar gula, terigu dan sedikit diberi pewarna makanan ini memiliki ciri tersendiri dibandingkan kembang gula lainnya. Baik dari teksturnya yg lembut ketika dinikmati.

Alat-alat dan bahan-bahan yang perlu dipersiakan :

  • Siapkan Cotton Candy Machine/Mesin untuk membuat Arum Manis.
  • Siapkan Gula Pasir sebagai bahan baku utama Arum Manis (gunakan Gula Alami).
  • Siapkan pewarna makanan sesuai yang diinginkan.
  • Stick bambu/Cone Stick untuk menggulung Arum Manis.
Jika ingin dipasarkan/untuk membuka peluang usaha :
  • Pilih dan buat kemasan (plastik) yang bagus dan menarik agar konsumen atau pembeli tertarik.
  • Tentukan tempat yang strategis agar orang mudah untuk mencarinya untuk membeli.
Cara Membuat Arum Manis Lembut Cantik dan Manis :
1.    Campurkan gula dengan pewarna makanan yang diinginkan aduk-aduk hingga rata.
2.    Nyalakan mesin dan pemanas hingga mesin siap untuk digunakan.
3.    Masukan gula yang sudah diberi pewarna makanan ke dalam mesin, tunggulah beberapa saat hingga keluar serabut gula halus dari mesin.
4.    Gulung serabut gula halus dengan stick cone. Gulung hingga ukuran yang sesuai keinginan.
5.    Arum Manis siap dinikmati (masukkan kedalam kemasan plastik jika ingin dipasarkan)
6.    Cara Membuat Cotton Candy:
Masukkan gula pasir ke wadah Pemanas Potton Candy, lalu tekan tombol ON, mesin akan mulai bekerja memanaskan gula & berputar, setelah gula mencair akan terbentuk kabut gulali, setelah kabut arumanis terbentuk cukup tebal, matikan mesin, ambil cotton candy yang terbentuk dengan menggunakan stik, putar stick gula kapas sehingga bentuknya tebal & bagus. Masukan dalam kantong plastik, siap untuk dihidangkan atau dijual
Gambaran dari peluang usaha ini:  rata-rata dari 1 kg gula putih dapat menghasilkan arum  manis 25 – 30 kantung besar.  Harga jual arumanis cukup bervariasi mulai Rp 1000,00 hingga Rp 12.500,00 tergantung kemasannya.

Kelebihan bisnis
Pembuatan arum manis sangatlah mudah, hanya membutuhkan sedikit keterampilan dan kecermatan dalam menggunakan mesinnya. Selain itu bahan baku yg dibutuhkan juga mudah ditemukan di sekitar kita, peluang usaha ini juga tidak membutuhkan modal besar.

Kekurangan bisnis

Banyaknya kompetiror. Saat ini tidak hanya para pedagang keliling saja yg menjajakan arum manis, namun sudah banyak pelaku bisnis arum manis yg membuka kemitraannya di berbagai wilayah. Sehingga Anda harus jeli dalam memilih lokasi usaha yg masih berpotensi.

0 komentar: