Selamat Datang di Blog Kami Metode Kompos Bokashi ~ ENTREPRENEUR.SGC_2014

Sabtu, 12 April 2014

Metode Kompos Bokashi

Kompos Bokashi

SEJARAH KOMPOS BOKASHI

Bokashi merupakan nama metode pembuatan kompos dengan menambahkan mikroorganisme pada sampah sisa makanan, tujuannya untuk mempercepat pengomposan dan mengurangi bau yang dihasilkan oleh sampah. Pembuatan bokashi sudah dilakukan oleh petani di Jepang lebih dari 100 tahun lalu. Saat itu petani Jepang menimbun tumpukan sampah dengan tanah yang mengandung banyak mikroorganisme, selang beberapa minggu sampah itu sudah berubah menjadi tanah subur dengan bentuk dan sifat menyerupai tanah yang digunakan untuk menimbun sampah tadi.
Pada tahun 1980an Dr. Teruo Higa menemukan cara untuk melakukan kultur mikroorganisme yang digunakan untuk membuat bokashi, mikoorganisme hasil kultur itu bisa hidup dalam larutan yang bisa dikemas dalam botol. Saat ini mendapatkan mikoorganisme yang disebut Effective Microorganisms (EM1) sangat mudah dan harganya murah. Merek yang biasa ditemukan dipasaran adalah EM4, harga per liter sekitar Rp 20.000 atau kurang.

CARA MEMBUAT KOMPOS BOKASHI

Siapkan plastik bekas bahan kimia ukuran 120 liter, bersihkan dengan deterjen dan pastikan tidak ada bahan kimia yang tersisa. Beri pipa atau selang pernafasan pada tutup drum sepanjang 60 cm, buat lubang pernafasan mengarah ke bawah atau samping seperti pipa pernafasan septik tank. Kemudian siapkan bahan-bahan berikut.
  • Sampah organik, bisa dari sampah dapur, kotoran hewan dan limbah organik lainnya, saya sering menggunakan limbah penggilingan tebu yang didapat dari penjual es tebu di sekitar rumah.
  • 1 kilogram gula pasir atau gula merah, bisa juga digantikan 2 liter molase
  • 5 kilogram pupuk urea, bisa juga digantikan 10 liter urine (sapi, kambing, manusia).
  • 1 liter Effective Microorganisms

Masukkan sampah organik hingga tersisa 20 cm dari bibir drum, kemudian masukkan gula atau molase, kemudian masukkan pupuk urea atau urine, kemudian masukkan Effective Microorganisms. Setelah semua bahan dimasukkan dalam drum tambahkan air hingga tinggi air 5 cm di atas bahan-bahan. Lalu tutup rapat drum dan biarkan hingga 2 minggu, setelah 2 minggu kompos bokashi siap diberikan pada tanaman. Kompos bokashi melepas hara lebih banyak dan lebih cepat daripada kompos biasa, performanya menyerupai pupuk sintetis jenis slow release.

0 komentar: